Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Minggu, 14 Oktober 2012

Bangun di awal waktu



Bangun di awal waktu itu menyenangkan. Dengan bangun awal, kita mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya saja mendapatkan udara segar yang belum terkotori oleh polusi dari kendaran bermotor, mempunyai waktu lebih yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, dan yang paling penting yaitu kita dapat mendirikan salat sunah tahajud dan salat subuh berjamaah di masjid.

Sebagian orang mungkin agak kesulitan untuk bangun di awal waktu. Hal ini bisa terjadi karena "habits" atau kebiasaan yang tertanam di dirinya yaitu bangun siang. Mengubah kebiasaan memang terasa sulit di awal, tapi bila kita sedikit "memaksa:"-nya, maka tubuh akan terbiasa untuk menjalani habits baru. Kuncinya yaitu niat dan berusaha istiqomah.

Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mesir, et al. (2006), ternyata sebanyak 75% pelajar yang memiliki nilai baik memiliki kebiasaan bangun pada sekitar pukul 5 hingga 7 pagi. Tidak heran, karena dengan bangun di awal waktu, mereka dapat mempersiapkan lebih matang materi pelajarannya, dan semua itu dilakukan dengan keadaan otak masih segar.

Maka, apalagi yang kita tunggu. Jika kita ingin menjadi manusia yang lebih produktif, meningkatkan kapasitas dalam beribadah, dan kesehatan lebih baik. Ayo kita mulai dengan membiasakan bangun di awal waktu.

Referensi:
Mesir B., Jamal M.H., Mohd Yatim J., Abd Aziz A., Zainal Abideen M., (2006). Gaya Hidup Pelajar Cemerlang di Persekitaran Campus.  Proceeding NASDEC 2006, 8-9 Aug 2006, Kuala Lumpur.

Gambar diambil dari sini

0 komentar

Posting Komentar